a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Senin, 06 Mei 2019

PERBUATAN INI DAPAT MENGHILANGKAN PAHALA PUASA




Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوعُ

“Betapa banyak orang yang berpuasa, ia tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar” (HR. Ibnu Majah)
Hadits ini mengisyaratkan, ternyata yang puasanya sia-sia, puasanya tidak berpahala itu tidak sedikit. Jumlahnya banyak. Lalu, apa saja yang bisa menghilangkan pahala puasa?


  1. Melakukan Ghibah atau membicarakan keburukan orang lain. Ghibah atau gosip sangat dilarang didalam Islam bahkan diluar Ramadhan, apa lagi jika dilakukan pada saat berpuasa tentunya dapat menghilangkan pahala puasa.
  2. Berbohong. Berbohong merupakan salah satu perkara yang diharamkan oleh Allah SWT berpuasa ataupun tidak berpuasa. Jika dilakukan saat berpuasa, bohong dengan alasan apapun dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa termasuk dalam hal ini memberikan kesaksian palsu.
  3. Marah, marah melihat kemungkaran tidak termasuk dalam perkara ini. marah yang dapat menghilangkan pahala puasa adalah marah karena hawa nafsu.Mencaci maki, mengumpat dan melontarkan perkataan yang sia - sia.
  4. Tidak menjaga pandangan. Hawa nafsu tidak hanya amarah, melihat lawan jenis baik secara langsung ataupun melalui gambar juga dapat menimbulkan hawa nafsu, oleh sebab itu maka kita hendaklah dapat menjaga pandangan dari hal - hal yang dapat mengurangi pahala puasa.
  5. Menghabiskan waktu untuk hal - hal yang tak berguna, misalnya tidur sepanjang hari. Seharusnya waktu yang ada dapat digunakan untuk mengumpulkan pahal sebanyak - banyaknya, seperti mengaji atau memperbanyak membaca buku - buku agama.

   Puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja, tapi puasa juga harus mampu menahan lisan, pendengaran dan penglihatan serta perbuatan dari hal - hal yang dilarang Allah dan RasulNya.

0 komentar:

Posting Komentar