a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Senin, 07 Agustus 2017

MANFAAT BERSEPEDA

  1. Lebih Cepat Membakar Kalori
  2. Lebih Cepat Membakar Kalori
    Bersepeda dapat membakar kalor sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam apabila dengan kecepatan 10-11 mph, serta 700 kalori apabila dimedan berat selama 1 jam. Bahkan, apabila Anda bersepeda secara rutin selama 1 tahun, Anda dapat membakar lemak sebanyak 5 kg, hanya dengan waktu 30 menit sehari bersepeda dengan kecepatan sedang. 

  3. Memperkuat Kerangka Tubuh
  4. Memperkuat Kerangka Tubuh
    Kebanyakan orang mengira apabila terlalu sering bersepeda dan membuat postur tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikiran bahwa bersepeda dapat membuat postur menjadi bungkuk. Hal ini karena dengan bersepeda, kerangka tubuh akan menjadi semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari. 

  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Beberapa studi telah menunjukkan bahwa aktivitas seperti bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal untuk menangkal berbagai serangan penyakit seperti batuk dan pilek. Alangkah baiknya untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi utama untuk pergi ke tempat kerja, sekolah, dan sebagainya daripada menggunakan kendaraan pribadi/angkutan umum. 

  7. Meningkatkan Stamina
  8. Meningkatkan Stamina
    Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga ringan. Dengan demikian bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan stamina, hal ini karena Anda dapat mengayuh sepeda lebih lama daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki dimana mungkin dapat membuat lebih cepat lelah. Selain itu, bersepeda dapat memperkuat jantung dan paru-paru, yang membuat Anda dapat bekerja lebih efisien. 

  9. Mencegah Penyakit Jantung
  10. Mencegah Penyakit Jantung
    Studi yang dilakukan British Medical Association telah menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu mampu untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung koroner sebesar 50%. Sementara itu, bersepeda juga dapat menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Bersepeda juga dapat membuat seseorang menjadi 10 tahun lebih muda. 

  11. Mengurangi Stress
  12. Mengurangi Stress
    Apabila Anda terserang stress ringan, cobalah untuk berolahraga misalnya seperti bersepeda. Hal ini karena, ketika sedang bersepeda mata kita dapat menyaksikan berbagai pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan apa yang sedang terjadi atau masalah yang sedang Anda hadapi. 

  13. Menambah Banyak Teman
  14. Menambah Banyak Teman
    Dengan memiliki hobi bersepeda, maka tentunya akan menjadi tertarik untuk mengikuti event-event seperti sepeda santai. Anda dapat bertemu dengan banyak orang baru yang memiliki hobi sama. Mungkin saja Anda akan diajak untuk ikut bergabung ke klub sepeda. Bersepeda pun juga dapat menambah teman, terlebih lagi jika memiliki hobi bersepeda. 

  15. Mencegah Kanker
  16. Mencegah Kanker
    Kanker tergolong sebagai salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang dapat berkembang dalam jangka waktu panjang. Agar tubuh tidak mudah terjangkit penyakit kanker, maka berolahragalah secara teratur. Dengan memiliki tubuh yang selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang pada awalnya merupakan bibit kanker dapat dicegah pertumbuhannya. 

  17. Mengontrol Suplai Oksigen
  18. Mengontrol Suplai Oksigen
    Bersepeda dapat membuat nafas menjadi terengah-engah. Aliran oksigen akan makin terus terkuras karena energi yang digunakan cukup besar. Namun dengan begitu, tubuh Anda mampu untuk dapat mengontrol suplai dari oksigen tubuh. 

  19. Meningkatkan Mood
  20. Meningkatkan Mood
    Rasa cemas, stres, dan depresi dapat diatasi dengan berolahraga ringan seperti bersepeda. Hal ini karena bersepeda dapat dijadikan sebagai sarana mencari kesenangan. Bersepeda juga baik untuk kesehatan mental seperti halnya olaharaga yang lain seperti jogging. 

  21. Membakar Lemak dan Memperkuat Otot
  22. Membakar Lemak dan Memperkuat Otot
    Setiap mengayuh pedal sepeda dapat membakar lemak serta memperkuat otot-otot kaki. Bersepeda di atas tanah yang bergelombang, menanjak, atau terdapat rintangan-rintangan lainnya akan melatih tubuh Anda, karena lebih banyak berat tubuh Anda dapat didukung oleh lengan serta bahu. 

  23. Membuat Awet Muda
  24. Membuat Awet Muda
    Bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit dengan cara peningkatan aliran darah yang lebih banyak oksigen ke jaringan kulit dan otot. Hal ini dapat membantu dalam mengeluarkan racun berbahaya dan membuat Anda terlihat lebih muda. 

  25. Meningkatkan Kekuatan Otak
  26. Meningkatkan Kekuatan Otak
    Para peneliti dari Universitas Illinois menemukan bahwa 5 persen peningkatan dalam berbagai latihan kebugaran, namun dengan bersepeda dapat menyebabkan peningkatan hingga 15 persen dalam tes mental. Hal ini karena dengan bersepeda dapat membantu membangun sel-sel otak baru pada bagian memori, yang memburuk dari usia mulai 30 tahun. 

  27. Menghindari Berbagai Penyakit
  28. Menghindari Berbagai Penyakit
    Bersepeda sekitar 3 hingga 4 kali seminggu dapat memperkuat kesehatan tubuh dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Kebanyakan orang yang berangkat bekerja dengan bersepeda jarang mengambil cuti sakit. 

  29. Menjaga Kesehatan
  30. Menjaga Kesehatan
    Bersepeda tidak hanya dapat membantu dalam menurunkan berat badan, tetapi juga mampu untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Menurut womenshealthmag, pengendara sepeda hidup 2 tahun lebih lama daripada yang jarang bersepeda dan menderita 15% lebih sedikit terserang penyakit. Bersepeda juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, meningkatkan kesehatan internal dan juga dapat meningkatkan umur panjang. 

  31. Transportasi Yang Ramah Lingkungan
  32. Transportasi Yang Ramah Lingkungan
    Jika Anda sedang menuju ke sesuatu tempat, seperti ke kantor, dan sebagainya, dengan bersepeda merupakan salah satu bentuk dari kecintaan Anda terhadap lingkungan. Bersepeda juga dapat memberikan beberapa latihan yang bagus untuk kesehatan. Bersepeda juga dapat membakar kalor dan juga dengan bersepeda dapat menghemat uang Anda tidak perlu membeli bensin dan sebagainya. Bersepeda merupakan ide yang baik untuk mempertimbangkan untuk mengambil sepeda Anda sebagai gantinya. 

  33. Menyeimbangkan Sistem Metabolisme
  34. Menyeimbangkan Sistem Metabolisme
    Dengan bersepeda dapat mencegah Anda untuk mengalami berbagai gangguan metabolisme. Sehatkan tubuh Anda dan jaga sistem metabolisme dengan bersepeda secara teratur. 

  35. Mengatasi Kemacetan
  36. Mengatasi Kemacetan
    Apabila Anda tinggal di kota-kota besar, akan terjadi banyak kemacetan. Dengan bersepeda, maka Anda tidak akan pusing lagi untuk mencari jalan. Hal ini karena dengan bersepeda dapat menempuh jalan-jalan yang sempit dengan lebih cepat. Terlebih apabila jika ada orang yang sedang melihat Anda bersepeda pergi ke kantor, sekolah, dan sebagainya maka akan menjadi pemicu orang tersebut untuk mengikuti menggunakan sepeda dalam mengatasi masalah kemacetan. 

  37. Metabolisme Yang Baik
  38. Metabolisme Yang Baik
    Menurut penelitian dari Universitas Michigan di AS, para ibu yang rutin berolahraga selama masa kehamilan memiliki kesehatan yang lebih baik, lebih cepat sembuh, dan dapat menikmati suasana yang lebih baik secara keseluruhan sepanjang sembilan bulan. Bersepeda juga dapat mengurangi risiko 50% terkena obesitas. 

  39. Go Green
  40. Go Green
    Dengan bersepeda, sama saja Anda mendukung gerakan Go Green. Anda ikut menyelamatkan bumi yang semakin hari semakin panas. Walaupun baru sedikit yang orang yang ikut andil dalam melakukan gerakan Go Green, namun apabila Anda konsisten melakukannya, maka ada orang lain yang akan terinspirasi dari diri Anda. 

  41. Meningkatkan Keseimbangan Dan Koordinasi
  42. Meningkatkan Keseimbangan Dan Koordinasi
    Cukup dengan duduk di sadel dan mengayuh sepeda tersebut merupakan salah satu latihan keseimbangan. Saat sedang berbelok akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh Anda menjadi tegak. Sementara itu, mengubah gigi atau menggunakan lengan dan kaki juga memerlukan sebuah koordinasi yang baik. Jangan khawatir apabila Anda merasa takut pada saat pertama kali naik sepeda, hal ini karena usaha Anda dapat terus meningkat dengan melakukan praktik belajar. 

  43. Mudah Dalam Perawatan
  44. Mudah Dalam Perawatan
    Sepeda jarang sekali mengalami kerusakan dibandingan dengan motor atau mobil. Dalam hal perawatan, sepeda termasuk mudah dan murah. Asalkan Anda setiap hari mengecek kondisi kesehatan sepeda tersebut, maka sepeda akan dalam kondisi baik-baik saja. Namun, alangkah baiknya untuk sebulan sekali harus Anda service. 

  45. Mencegah Obesitas
  46. Mencegah Obesitas
    Apabila Anda tidak ingin terkena obesitas atau kegemukan, maka mulailah dari sekarang untuk berolahraga secara rutin, baik itu olahraga ringan seperti bersepeda atau olahraga lainnya yang Anda sukai. Hal ini karena dengan berolahraga dapat mencegah Anda dari obesitas. 

  47. Usia Berapapun Boleh Bersepeda
  48. Usia Berapapun Boleh Bersepeda
    Jika usia Anda pada saat ini dikatakan sebagai lanjut usia namun masih ingin bersepeda, maka tentu bukan menjadi masalah. Anda tidak akan dilarang untuk bersepeda. Namun, apabila Anda masih berumur dibawah 15 tahun, alangkah baiknya untuk tidak bersepeda di jalan besar dan ramai kendaraan, hal ini dapat membahayakan diri Anda. Bagi para orang tua, tetap awasi anak Anda dalam hal bersepeda. 

  49. Olahraga Yang Tergolong Murah
  50. Olahraga Yang Tergolong Murah
    Melakukan olahraga dengan bersepeda, merupakan salah satu jenis olahraga yang murah dan mudah. Anda cukup dengan menyiapkan sepeda dan Anda bebas untuk memilih rute atau jalur sepeda Anda. 

  51. Menghindari Polusi
  52. Menghindari Polusi
    Mungkin Anda pernah berpikir seorang pengendara sepeda di kota-kota besar akan menyedot lebih banyak polusi daripada pengendara dan penumpang di kendaraan seperti mobil atau motor. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London, para peneliti menemukan bahwa penumpang di bus, taksi, dan mobil menghirup lebih banyak polusi secara substansial lebih banyak daripada polusi yang dihirup dari pengendara sepeda dan pejalan kaki. Diperkirakan bahwa pengendara sepeda menghirup asap yang lebih sedikit karena bersepeda naik di tepi jalan dan tidak seperti pengendara bermotor yang berada di dekat sumber polusi. 

  53. Meningkatkan Kemampuan Dalam Olahraga Lainnya
  54. Meningkatkan Kemampuan Dalam Olahraga Lainnya
    Apakah Anda ingin meningkatkan olahraga lainnya seperti tenis lapangan, sepak bola, dan lainnya. Sebuah studi medis terbaru dari Norwegia yang digelar oleh sebuah klub aerobik, menunjukkan bahwa dengan bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, kelincahan, dan keseimbangan. Hal ini cukup berdampak besar bagi olahraga lainnya. 

  55. Dapat Di Tempatkan Dimana Saja
  56. Dapat Di Tempatkan Dimana Saja
    Tidak seperti mobil yang harus mencari tempat yang cukup lebar sebagai lahan parkik. Walaupun parkir sepeda masih sangat jarang ditemukan, namun di kota-kota besar sudah mulai membangun lahan untuk parkir sepeda. Apabila Anda sedang mengunjungi suatu tempat yang tidak terdapat lahan parkir, Anda dapat menempatkannya di pinggir dinding atau tempat yang dapat memungkingkan berada dalam pengawasan Anda. 

  57. Membuat Terobosan Kreatif
  58. Membuat Terobosan Kreatif
    Penulis, musisi, seniman, dan lainnya sering bersepeda untuk mendapatkan sebuah ide baru yang kreatif. Sebuah studi menemukan bahwa hanya 25 menit dari bersepeda setidaknya satu pemikiran kreatif. 

  59. Membantu Orang Lain
  60. Membantu Orang Lain
    Banyak pengendara kendaraan bermotor mengubah gaya hidup mereka setelah bersepeda. Selain dapat untuk meningkatkan kesehatan, dengan bersepeda juga dapat membantu orang lain dengan diselenggarakannya penggalangan dana untuk mereka yang kurang beruntung. Sebuah komunitas bersepeda yang bernama The London To Brighton melakukan sebuah penggalangan dana yang kemudian mendapatkan 40 juta euro untuk British Heart Foundation. 

  61. Kendaraan Yang Ekonomis
  62. Kendaraan Yang Ekonomis
    Hanya dengan membeli sepeda, Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak salah satunya adalah ekonomis. Anda dapat pergi kemana saja tanpa perlu khawati kehabisan bensin dan sebagainya. Banyak sepeda yang dijual pada saat ini berada pada harga yang terjangkau. 

  63. Gaya Hidup Sehat
  64. Gaya Hidup Sehat
    Bersepeda merupakan salah satu latihan aerobik yang mudah untuk dilakukan secara rutin. Bersepeda adalah olahraga yang ideal, karena dapat dilakukan oleh hampir segala usia. Bahkan dengan bersepeda tubuh akan memperoleh udara yang segar dan pemandangan yang bebas untuk dilihat. 

  65. Memiliki Banyak Pengalaman
  66. Memiliki Banyak Pengalaman
    Bersepeda ke kantor, maka Anda dapat menemukan berbagai pengalaman. Hal ini karena jalanan yang ditempuh menuju ke kantor dengan menggunakan sepeda dapat terbilang bebas. Anda juga dapat menyusuri gang-gang kecil yang tidak dapat dilalui kendaraan lainnya seperti mobil, atau Anda juga akan mendapatkan jalan yang sepi sehingga terhindar dari kemacetan. 

  67. Mengatasi Sering Lelah
  68. Mengatasi Sering Lelah
    Apakah Anda sering mengeluh kelelahan apabila sedang mengerjakan aktivitas sesuatu? Bersepedalah. Bersepeda merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sering lelah. Lakukan bersepeda ketika hari-hari santai. 

  69. Menghabiskan Waktu Yang Berkualitas
  70. Menghabiskan Waktu Yang Berkualitas
    Apabila Anda banyak memiliki waktu luang, bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan terlebih pada saat pagi hari. Anda dapat bersepeda dengan pasangan Anda sehinngga dapat mempererat hubungan Ada. 

  71. Menghilangkan Kecanduan Negatif
  72. Menghilangkan Kecanduan Negatif
    Apabila Anda memiliki kecanduan seperti rokok, alkohol, dan sebagaianya, dengan bersepeda dapat menghilangkan kecanduan negatif tersebut. Hal ini karena dengan bersepeda dapat membuat hidup menjadi lebih bahagia, menjadi lebih sehat, dan meningkatkan hal-hal baik dalam hidup. 

  73. Mendapatkan Tubuh Fit Tanpa Olahraga Keras
  74. Mendapatkan Tubuh Fit Tanpa Olahraga Keras
    Bersepeda secara teratur memiliki manfaat yang besar untuk membuat tubuh menjadi fit. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk berolahraga seperti pergi ke gym. Menurut Forum Nasional di Amerika Serikat Coronary Heart Disease Foundation, pengendara sepeda biasa menikmati tingkat kebugaran yang fit atau sama dengan seseorang yang 10 tahun lebih muda.



Sumbet :: http://woocara.blogspot.com/2015/06/37-manfaat-bersepeda-dan-tips-bersepeda-yang-baik.html#ixzz4p5q2XIq3

0 komentar:

Posting Komentar