a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Selasa, 13 Desember 2016

PARADIGMA BARU SEJARAH KOTA DUMAI

Bukan bermaksud mengecilkan pendapat yang berkembang secara turun menurun tentang sejarah Kota Dumai, jika kemudian muncul sikap skeptis terhadap cerita - cerita yang ada, yang difahami oleh sebagian orang sebagai sebuah sejarah. Sejarah hendaklah memiliki kaidah kesejarahan, memiliki bukti otentik yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Kerajaan Seri Bunga Tanjung, yang diperintah oleh seorang Ratu yang bernama Ratu Cik Sima, dimana beliau memiliki 7 (tujuh) orang putri yang elok nan rupawan merupakan sebuah cerita rakyat yang melegenda yang oleh sebagian orang hingga saat ini masih meyakininya sebagai sebuah sejarah. Meskipun tidak ada satupun bukti keberadaan kerajaan tersebut. Sebagai sebuah kerajaan, Seri Bunga Tanjung tidak meninggalkan jejak sedikitpun, misalnya bekas istana dan periodesasi.

Oleh sebab lemahnya bukti yang ada maka "legenda putri tujuh akan tetap menjadi sebuah legenda dan tidak mungkin berubah menjadi sejarah". (Dr. H.M RIZAL AKBAR, M.Phil. - Islam dan Tamadun Melayu)

Kota Dumai tentu memiliki sejarah, tidak mungkin sebuah daerah tiba - tiba muncul tanpa diawali sebuah proses. Proses lahirnya Kota Dumai inilah yang perlu diteliti dengan seksama dengan mencari bukti - bukti otentik yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Sehingga perdebatan tentang sejarah Dumai dapat diakhiri.


0 komentar:

Posting Komentar