a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Kamis, 12 Mei 2016

POKOK - POKOK PIKIRAN DEWAN

Hari ini ketika saya membuka FB seperti biasa selalu ada teman yang menandai saya dalam kiriman mereka dan itu sah - sah saja. Namun kali ini berita yang di angkat membuat saya tercengang, sebuah berita
dari koran Pesisir Pos tentang pokok - pokok pikiran dewan.
Saya seolah baru terbangun dari mimpi, ketika melihat sebuah kenyataan bahwa ternyata rakyat Dumai sudah sangat maju, mereka tidak lagi hanya butuh jalan yang bagus, drainase yang lancar, jempatan ataupun listrik. Tapi mereka juga butuh marka jalan, butuh fasilitas yang baik di SKPD - SKPD, dan lain - lain. yang dulu tidak pernah mereka usulkan ketika ada reses anggota Dewan.

Itu kesimpulan saya ketika melihat besaran dan program - program yang di usulkan anggota dewan melalui pokok - pokok pikirannya. Pokok - pokok pikiran anggota dewan sejatinya adalah gambaran kebutuhan masyarakat di daerah pemilihannya masing - masing. Pokok - pokok pikiran dewan merupakan salah satu komponen yang mewarnai sebuah APBD selain dari hasil Musrenbang dan kebijakan kepala daerah.
Saya mencoba berprasangka baik, bahwa apa yang di usulkan oleh kawan - kawan anggota dewan melalui pokok - pokok pikiran mereka merupakan usulan yang muncul dari rakyat yang di wakili. Alangkah naibnya jika kemudian usul tersebut justru muncul dari SKPD - SKPD yang apalagi jika kemudian di barengi dengan iming - iming keuntungan sejumlah materi jika program dan kegiatan tersebut masuk dalam APBD. Kalaulah itu yang terjadi maka sesungguhnya dewan telah salah menafsirkan arti kemitraan antara Komisi dan SKPD. Allahu 'alam bissawab.

0 komentar:

Posting Komentar