a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Kamis, 17 September 2015

ASAP OH ASAP


Untuk yang kesekian kalinya blog ini memuat cerita tentang asap, "ASAP" merupakan kata yang populer saat ini, khususnya diwilayah sumatera. Awalnya saya pikir persoalan asap akan hilang seiring bertukarnya rezim di negeri ini. Ternyata pikiran itu meleset. Hari ini asap tetap saja menjadi momok yang menakutkan bagi kami yang kebetulan berdomisili di Riau.




Negara boleh di katakan gagal menjamin rakyatnya hidup nyaman tanpa perlu khawatir dengan serangan penyakit ispa, bahkan rezim saat ini seolah tak peduli ketika sampai saat ini Mr, Presiden masih enggan menjadikan bencana asap ini sebagai bencana nasional. Prihatin, barangkali hanya itu yang dapat diungkapkan, saat mengetahui bahwa petinggi negeri salah dalam mengambil kebijakan.


Mengirim personil TNI untuk mengatasi persoalan asap dengan menerjunkan mereka dititik -titik api boleh jadi dianggap sebagai langkah yang tepat bagi sebagian kalangan, namun bagi kami yang berada dekat dengan dilokasi tahu persis, cara tersebut tidak dapat diharapkan banyak membantu. Medan yang berat dengan ketebalan gambut yang diatas 1 (satu) meter, apa yang dapat dilakukan dengan modal kayu dan daun - daun kayu yang dipukul - pukulkan ke api ? dan tidak mungkin para personil tersebut dapat masuk jauh ketengah - tengah hutan. Karena jika salah melangkah bukan tak mungkin akan berakibat fatal, terjebak dalam kubangan api yang ada di dalam tanah gambut.

.........
Hari ini entah sudah berapa hari anak - anak libur sekolah, memang sih sempat diminta masuk namun akhirnya belum sempat belajar sudah disuruh pulang, ini bentuk kerugian dalam bentuk lain, yang juga mesti disikapi dengan serius oleh petinggi negeri. Tidak cukup hanya diserahkan kepada pemerintah daerah melainkan juga harus ada campuran tangan pusat.


Akhirnya semangat rakyat biasa saya hanya bisa berharap persoalan asap dapat segera diatasi, semoga Allah SWT berkenan mencurahkan hujan yang lebat dititik - titik api tersebut. Aamiin.




6 komentar:

  1. semoga kabut asap segera berlalu dan masyarakat bisa menjalani hari2nya seperti biasa :)

    BalasHapus
  2. Indonesia rata-rata sedang di landa masalah, di jawa barat masalahnya kekeringan sumur-sumur sudah hampir kering kalau kering semua mandi, nyuci, masak gimana??? Help :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kita semua berharap semoga semua permasalahan di tanah air ini cepat selesai..

      Hapus
  3. Asap oh asap
    Warnamu halangai jarak tatap
    Namun pada hujan ada harap
    Segera membawamu lenyap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asap tak hanya menghalang jarak tatap..
      Asap juga membuat sulit tuk bernafas..
      Hujan yang di nanti penuh harap...
      Apa daya yang datang cuaca panas..

      Hapus