a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Minggu, 22 Februari 2015

WARKOP JO DAN BATU AKIK

Warkop JO adalah sebuah warung kopi yang terletak di Jalan Dermaga kelurahan Purnama Kota Dumai. Akhir - akhir ini sangat populer dan hari terasa berat jika tidak berkunjung ke warung tersebut. "Terasa ada yang kurang " demikian kata beberapa teman. Sebenarnya keberadaan warkop Jo sudah cukup lama dan biasa dijadikan tempat mangkal berbagai profesi jika sedang tidak ada kegiatan, paling tidak dapat menikmati secangkir kopi sambil bercerita tentang berbagai hal dengan pengunjung yang lain. Saya sendiri termasuk salah seorang pengunjung setia.


Namun akhir - akhir ini waktu kunjungan bertambah jika biasanya sekali sehari saat ini bisa tiga kali bahkan lebih. Jam bukanya pun bertambah dari biasa hingga tengah hari sekarang hingga tengah malam. Perubahan ini terjadi bukan karena ada menu makanana yang berbeda melainkan menu perbincangan yang berubah dan cendrung sama dari waktu ke waktu yaitu tentang Batu Akik. Ya demam batu akik melanda seantero nusantara juga mampir di kampung kami. Meskipun kontes batu akik di Kota Dumai sudah lewat bukan berarti semangat juang penggemar batu akik menjadi surut dalam berburu gana melengkapi koleksi yang sudah ada.  Dan demam batu akik ternyata membawa berkah bagi beberapa orang seperti yang di alami Jumangin sang pemilik warkop jo.

Jumangin sebagai seorang yang memiliki naluri bisnis yang baik mengambil kesempatan ini dengan menambah fasilitas mesin potong bahan batu akik. Peluang ini beliau ambil setelah melihat banyak sekali tukang poles batu yang tidak memiliki mesin potong. Meskipun sederhana namun terbukti mesin tersebut mampu menjadi mesin uang. 

Jika ada yang memperoleh berkah dari demam batu akik ini tentu ada juga yang justru hanya menambah pengeluaran, saya misalnya. Meskipun belum memiliki koleksi yang lengkap tapi cukup membuat kantong menjadi ringan akibat terlalu sering dirogoh dalam - dalam. Nah bagaimana dengan sahabat ? apakah demam batu akik dapat menambah penghasilan atau malah menambah pengeluaran ?

1 komentar:

  1. ternyata demam batu sudah melanda seluruh indonesia...., benar-benar luarbiasa sang batu ini....kalo salah pilih dan salah taksir bisa2 seisi kantong terkuras tanpa keuntungan sepeserpun..namun kalau bisa teliti dengan seksama...bakalan dapat untung gede....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus