a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Sabtu, 16 Agustus 2014

MENSYUKURI NIKMAT KEMERDEKAAN

Enam puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Sebuah momentum sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh seluruh rakyat Indonesia, dimana hari itu bagnsa Indonesia menunjukkan eksistensinya dimata dunia setelah sekian lama hidup dibawah kungkungan penjajah. Para pejuang yang mayoritas Islam dengan semangat jihat fisabilillah diiringi dengan teriakan takbir mereka melawan penjajah, mereka berkorban harta, jiwa dan raga tidak sedikit dari mereka gugur sebagai syuhada.
Dengan semangat dan kesungguhan para syuhada akhirnya Allah SWT memberikan sebuah nikmat yang luar biasa, yakni kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. 
      
      "Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya." 

Atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT tersebut melalui perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan oleh para pahlawan, kita sebagai penerusnya punya kewajiban untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan tersebut. Rasa syukur tentunya tidak hanya berupa ucapan semata, namun lebih dari itu rasa syukur hendaklah diikuti dengan perbuatan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan sebaik - baiknya. Sesuai dengan kepasitas dan kemampuan yang kita miliki. Dengan demikian yakinlah bahwa Allah SWT pasti akan melipat gandakan nikmat yang telah diberikan kepada Bangsa ini. Bukankah Allah SWT memanbah nikmat bagi siapa saja yang bersyukur ?

Oleh sebab itu pada momentum peringatan hari kemerdekan kali ini dapatlah kiranya kita melakukan instropeksi diri terhadap apa yang sudah kita perbuat untuk bangsa ini. Terlebih lagi bagi penyelenggara negara yang telah diberikan amanah untuk mengurus  bangsa ini, baik Eksekutif, legislatif ataupun yudikatif. Sudahkah berbuat sesuai dengan sumpah janji yang diucapkan ? Mari, mulai hari ini kita semua berazam untuk memperbaiki diri agar memiliki moralitas dan kredibilitas yang tinggi. Renungkanlah sebuah petuah yang di sampaikan oleh seorang penyair mesir yang bernama, Syauki ;

     ”Sesungguhnya eksistensi suatu bangsa ditentukan oleh moralitas dan akhlakul karimah, jika moralitas menjadi panglima maka jayalah bangsa itu, sebaliknya, jika moralitas rendah, maka tunggulah kehancurannya"

Mari kita isi kemerdekaan ini dengan meninggalkan perilaku buruk yang barangkali masih melekat pada diri kita, tinggalkan korupsi, lawan kemaksiatan dan bagi petinggi negeri sadarlah bahwa anda adalah ABDI MASYARAKAT yang bertugas melayani, bukan JURAGAN yang senantiasa minta dilayani.

Semoga dengan kesungguhan kita untuk memperbaiki diri dengan menjalankan Agama Allah secara Kaffah, yakinlah akan firman Allah SWT ;

   “Jika sekiranya penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi jika mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”. (Qs. Al A’raaf-96)
Insya Allah, Bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dan segani di dunia ini. Amin.

19 komentar:

  1. dirgahayu Indonesia-ku.......semoga indonesia bisa bebas dari para koruptor.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, semoga Indonesia lebih baik lagi diusia yang ke 69 ini... salam.

      Hapus
    2. amin..
      untuk mensyukurinnya, besok banyak acara mas di kampung saya,banyak acara lomba-lomba gitu, hmmm..meriahkan HUT RI

      Hapus
  2. MERDEKA !!!!
    SMOGA INDONESIA MAKIN MAJU DAN TERUS BERKEMBANG!
    tingkatkan terus persatuan dan kesatuan !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, betul sekali sob semoga demikian adanya..

      Hapus
  3. Selamat Ulang Tahun Indonesia ...Merdeka!

    BalasHapus
  4. Yang pandai bersyukur akan merasa merdeka
    yang mengeluh belum penuh merdeka
    merekalah yang tidak bersyukur jadi orang Indonesia

    Salam MERDEKA buat yang bangga
    jadi orang Indonesia
    apapun suku dan agamanya
    Adalah sama satu bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, salam Merdeka salam NKRI.

      Hapus
  5. dirgahayu Indonesia ku semoha di tahun ini bangsaku makin maju, damai dan tentram. semoga dengan kita segera melupakan angka 1 dan 2 yang belakangan ini memecah belah bangsa kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mas, saatnya kita bersatu dan lupakan perbedaan yang pernah ada, mari berbuat bersama untuk kemajuan bangsa.

      Hapus
  6. Dirgahayu Negara Ku Tercinta, Jayalah Negeriku, Jayalah dan Majulah Indonesiaku ..... :)

    BalasHapus
  7. Dirgahayu Republik Indonesia tercinta semoga tambah jaya.

    sangat baik untuk kita syukuri nikmat kemerdekaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, sebagai penerus bangsa sudah seharusnya kita syukuri apa yg kita rasakan saat ini.

      Hapus
  8. Karena ini Kunjungan Perdana saya maka saya minta izin dulu ya Mas untuk Follow Blognya, Jika berkenan untuk Follback tentunya saya sangat berterimakasih Mas... Semoga Negara Kita tercinta ini bisa menjadi negara yang Maju seperti negara negara Maju lainnya.aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Daeng. Terima kasih atas kunjungannya, dan sudah saya follback..

      Hapus