a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Minggu, 27 April 2014

SELAMAT HARI JADI KOTA DUMAI

Kota Dumai hari ini memasuki usia yang ke 15 sebagai daerah otonom. Jika dibandingkan dengan kondisi Dumai ketika masih berstatus Kota Administratif, banyak sekali perubahan yang yang terjadi, terutama dalam hal infrastruktur. Pembangunan gedung, jalan, drainase, jembatan dan lain – lain begitu pesat.  Kota Dumai seakan ingin menunjukkan eksistensinya sebagai Kota Pelabuhan, Industri dan jasa.


Namun demikian, pesatnya pembangunan yang dilakukan belum mampu membuat Dumai sebagai sebuah Kota yang nyaman untuk di tempati, banjir masih saja terjadi ketika musim penghujan tiba, air bersih yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat belum juga mengalir kerumah – rumah warga, sampah masih saja berserakan dimana – mana.

Kemudian hak dasar masyarakat belum tersentuh secara maksimal. Sebagai contoh, hak mendapatkan pekerjaan yang layak, hak mendapatkan peluang usaha yang baik, hak pembinaan dan perlindungan bagi petani dan nelayan. Kebijakan pemerintah untuk memberikan perioritas bagi tenaga kerja lokal pada perusahan – perusahaan yang ada tidak dibarengi dengan pembekalan pengetahuan yang mumpuni bagi anak – anak tempatan sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja luar. Bantuan modal usaha bagi masyarakat tidak di ikuti dengan pembinaan yang serius, sehingga banyak usaha kecil menengah yang mendapatkan bantuan modal tidak dapat berkembang dengan baik. Petani dan nelayan tidak memperoleh proteksi harga dari pemerintah. Sehingga harga cendrung tidak stabil, sementara harga pupuk cendrung naik. Itu semua perlu campur tangan pemerintah Kota Dumai.

Dengan segala kewenangan yang dimiliki, harus mau berpikir serius, bekerja serius untuk kesejahteraan rakyat yang dipimpinnya, pengambil kebijakan hendaknya sadar bahwa masyarakat tidak butuh tempat hiburan yang banyak, masyarakat tidak butuh air mancur, masyarakat tidak butuh lampu – lampu hias. Yang mereka butuhkan adalah kesejahteraan.

Pada peringatan hari jadi Kota Dumai yang ke 15 ini, mari katakan stop pada pemborosan anggaran. Mulai lah membuat program yang menjadi kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan. Bagi Walikota, masih ada waktu 1 (satu) tahun sisa masa jabatan untuk memperbaiki diri. Semoga waktu yang tersisa mampu di manfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat. Allahu’alam.
Selamat hari jadi Kota Dumai yang ke 15.

2 komentar:

  1. selamat hari jadi kota Dumai yang ke 15, semoga cita-cita masyarakatnya segera tergapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas kunjungan dan Do'anya.

      Hapus