a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Minggu, 14 Juli 2013

TAQWA

"Hai orang - orang yang beriman ! diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa" (Al - Baqarah ; 183) Ayat ini begitu populer saat ini, hampir seluruh mubaligh dan mubalighoh mengutip ayat ini dalam tausyiah yang mereka sampaikan.

Sebagai tujuan akhir dari ibadah puasa yang kita lakukan, yakni TAQWA,  tentu kita perlu tahu apakah tujuan kita tersebut sudah tercapai atau baru mendekati atau bahkan mungkin masih sangat jauh.
Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui tanda - tanda orang yang taqwa untuk kita jadikan bahan instropeksi diri apakah puasa kita membawa hasil yang sesuai atau hanya menghasilkan lapar dan dahaga saja.  Berikut ini ciri - ciri orang yang Taqwa :
  1. Beriman pada yang ghaib, yang tidak dijangkau oleh panca indra misalnya Allah SWT, Malaikat hari akhirat dan sebagainya.
  2. Yang tetap mendirikan Shalat.
  3. Menginfakkan sebagian rezeki.
  4. Beriman kepada Al Quran dan kitab - kitab yang diturunkan sebelumnya. 
Ciri - ciri tersebut berdasarkan Firman Allah SWT di dalam Surat Al Baqarah ayat  2 - 4.

Kemudian setelah kita tahu ciri - ciri orang yang taqwa maka sekarang mari kita lihat sifat - sifat orang yang taqwa. Sebagaimana disebutkan didalam Surat Ali Imran Ayat 17 "Yaitu orang - orang yang sabar, orang - orang yang selalu jujur, orang - orang yang patuh dan taat, orang - orang yang suka menyumbangkan hartanya dijalan Allah dan yang suka memohon ampun di larut malam"

Inilah ciri dan sifat orang - orang yang taqwa, mudah - mudahan kita dimasukkan kedalam golongan tersebut dan dapat mempertahankannya meskipun puasa ramadhan telah berakhir. Masuk kedalam golongan Orang - orang yang selalu mengerjakan perintah Allah SWT dan menjahui segala larangannya. Insya Allah. Amin.


2 komentar:

  1. Amiin, doanya semoga makbul pak,
    ramadhan hanya sebagai latihan keras saja praktiknya kan di luar bulan ramadhan kan pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas, Ramadhan sebagai sarana latihan diharapkan dapat menghasilkan alumni yang muttaqin..... terima kasih atas kunjungannya mas.

      Hapus