a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Jumat, 14 September 2012

CARA BERHENTI MEROKOK

Lama sudah niat terkandung, baru sekarang kesampaian. Maksud hati ingin berbagi tips buat sahabat yang ingin berhenti merokok.  Merokok merupakan sebuah kebiasaan jelek yang saya lakukan sejak sekolah dulu dan saya sudah pernah beberapa kali mencoba untuk berhenti, pernah seminggu, tiga bulan bahkan pernah dua tahun, namun selalu kembali lagi. Apa yang saya alami ternyata di alami juga oleh teman - teman, berhenti sebentar kemudian merokok lagi. Padahal semua orang tahu bahwa merokok itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Bahkan di beberapa negara sudah mengharamkan rokok dan beberapa ormas Islam di Indonesia juga sudah mengeluarkan fatwa haram terhadap rokok.





Kali ini saya tidak membahas tentang hukum merokok ataupun bahaya rokok, kali ini saya coba berbagi buat sahabat yang masih merokok dan punya keinginan untuk berhenti. Ini adalah beberapa cara dan tips yang ditawarkan oleh teman - teman, seperti :
  1. Kurangi merokok secara berkala, sampai akhirnya tidak meroko sama sekali, cara ini tentu makan waktu yang lama dan terbukti persentase keberhasilnya sangat kecil. Karena bisa saja dalam prosesnya kita kesandung masalah yang membuat kita sedikit tertekan, nah biasanya orang yang sudah berhentipun bisa kembali merokok, apa lagi kita yang belum berhenti sepenuhnya. Kok bisa ? karena banyak orang berkeyakinan bahwa rokok dapat mengurangi stress.
  2. Konsultasi ke dokter, saran ini juga cukup bagus dengan harapan dokter punya resep yang bisa diberikan ke kita agar kencanduan nikotin bisa hilang.
  3. Melakukan terapi, langkah ini yang paling pantas di coba mengingat saat ini sudah cukup banyak tempat yang menyediakan jasa bagi orang - orang yang ingin berhenti merokok dan sebagian besar yang mencoba metoda ini berhasil menghilangkan kebiasaan merokoknya.
  4. Berhentilah karena orang - orang yang anda cintai, karena pacar, karena istri atau karena anak. Cara ini juga terbukti efektif, karena biasanya kita lebih bisa berbuat kebaikan untuk orang lain ketimbang untuk diri sendiri. Kita lebih bisa mengkhawatirkan orang - orang yang kita cintai dari pada diri kita sendiri. Meskipun efektif namun belum seratus persen berhasil, karena biasanya ketika seseorang kesal maka dia tidak lagi peduli dengan hal - hal jelek yang dibenci oleh orang yang dicintainya.
Dan masih banyak cara yang sudah dilakukan oleh teman - teman termasuk saya tentunya untuk berhenti merokok. Dari 1001 macam cara yang ada tentunya tidak akan membawa hasil yang memuaskan tanpa niat dan tekad yang sungguh - sungguh dari kita sendiri, katakan sejak saat ini "SAYA HARUS BERHENTI MEROKOK" satu hal yang sangat penting adalah, niatkan kita berhenti karena Allah SWT, Insya Allah pasti berhasil karena ketika kita melakukan sesuatu semata - mata karena_Nya, maka Dia pasti akan tolong kita. Kalau Allah SWT sudah menolong kita maka apapun akan menjadi mudah. Mari kita luruskan niat, jangan karena orang atau takut penyakit apa lagi hanya karena ingin berhemat, sekali lagi lakukan lah karena Allah SWT, PASTI BISA. Selamat mencoba.

20 komentar:

  1. tanpa niat yang kuat dan ikhlas...mustahil akan bisa berhenti merokok. jadi saya sangat setuju dengan cara luruskan niat untuk berhenti merokok karena ALLAH :)

    BalasHapus
  2. saya pun dulu pernah berhenti om cuma 2 minggu hehe.. memang susah juga ya apalagi temen juga merokok... mungkin niat yang kurang 100%, no.4 itu mungkin bisa mengarah untuk berhenti, makasih om sudah berbagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah - mudahan jika dicoba lagi untuk berhenti, tentunya dengan niat yg lebih sungguh - sungguh pasti bisa.. :)

      Hapus
  3. saya jujur untuk berhenti merokok sangat sulit hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bukan sulit, tapi belum mau kali... hehehe.

      Hapus
  4. aku sangat setuju dengan postingan ini..
    terima kasih atas tips dan cara untuk berhenti merokok

    salam sehat selalu dri lukman..

    BalasHapus
  5. dokter apa ya sob yang tepat untuk konsultasi ini atau di tempat saya ada tidak ya tempat terapi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sob, lama baru di balas... baru on line lagi ni. beberapa hari ini jaringan ditempat ku sangat jelek. Saran saya untuk terapi kunjungi aja www.caraberhentimerokok.com , klu saya sih ga pake terapi tapi niat saja dan Alhamdulillah sampai saat ini ga merokok lagi.

      Hapus
    2. Mohon ma'af sebelumnya, Saya ada rekomendasi untuk cara berhenti merokok, Dengan Obat Tetes Magic... silahkan lihat di situsnya langsung untuk informasi lebih jelasnya www.caraberhentimerokok.hol.es

      Hapus
  6. Amboy,terima kasih atas tipnya.alhadullilah daku gak merokok,jadi uangnya bisa buat yang lain atau di simpan.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  7. ehm melihatnya seolah gampang ya, tapi bagi yang kecanduan merokok. pasti akan sangat sulit untuk melepskannya ya. semoga dengan pengalamn ini bisa menjadi solusi bagi yang ingin berhenti merokok

    BalasHapus
  8. Nice post, Brada... ini cocoknya buat Abah saya. Salam sahabat...

    BalasHapus
  9. semuanya tergantung dari pada niat untuk melakukan berhenti merokok. jika hati belum teguh untuk berhenti sampai kapan pun takan bisa.
    tapi perlu dicoba anjurannya.

    ditunggu kunjungannya
    http://singaibegajol.blogspot.com

    http://melayutolen616.blogspot.com

    BalasHapus
  10. BERBAGI TIPS :
    Berhenti merokok sebenarnya bukan suatu yang sulit, asal anda punya tekad untuk mengakhiri maka semua akan berjalan sesuai harapan. Saya berhenti merokok sejak 10 tahun yang lalu setelah berkali2 mencoba berhenti dan gagal. Tekad yang kuat harus ditumbuhkan dengan cara bertanya pada diri sendiri : * apa sih kegunaan dan keuntungan merokok bagi saya ? - jawaban pasti : "tidak ada", * apa sih kenikmatan merokok itu , terutama sehabis makan atau merokok sembari minum kopi ? jawabannya : " MEMANG NIKMAT" apalagi setelah makan, tetapi teruskan dengan pertanyaan : " MENGAPA MEROKOK ITU TERASA NIKMAT ? jawaban inilah yang saya cari sampai berbulan-bulan.... dan akhirnya kutemukan jawabannya : "KARENA KITA TELAH KECANDUAN, COBA KALAU KITA TIDAK KECANDUAN, ADA ORANG DIDEKAT KITA MEROKOK SAJA KITA SUDAH MENYINGKIR ! Dari situlah tekad untuk berhenti merokok muncul dan saya habiskan sisa rokok pada malam hari itu sambil menuliskan pada sebuah kertas : "STOP SMOKING" TANGGAL 10 JANUARY 2003 JAM 11.25 WIB" lalu saya tanda tangani sebagai bentuk komitmen saya pada diri saya sendiri dan kertas kemudian saya selipkan dibalik kaca meja. Kemudian semua atribut yang berbau rokok seperti asbak, korek api saya buang ketempat sampah, sejak itu saya memproklamirkan tidak merokok dan tidak mencoba2 lagi merokok, alhamdullilah, sampai sekarang sudah 10 tahun lebih saya bebas dari rokok....

    BalasHapus
  11. ada kalanya lingkungan juga mempengaruhi kebiasaan merokok, ada yang di bilang kalau gak ngerokok itu gak pria sejati.
    kalau saya sih tidak pernah bisa menikmati kenikmatan merokok sejak SD dulu pak, jadi sampai sekarang saya tidak merokok.

    BalasHapus