a
Selamat Datang di Blog Pribadi Samsul Bahri - Hadir Untuk Berbagi

Senin, 27 Agustus 2012

SIAK SRI INDRAPURA

Sebulan lebih tak hadir menyapa sahabat, hari ini saya coba sedikit berbagi cerita. Sebelumnya izinkan saya mengucapkan selamat Hari Idul Fitri 1433 H, Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir & bathin.


Lebaran kali ini seperti biasa selalu di iringi  dengan liburan keluarga ke daerah - daerah sekitar Kota Dumai yang memang selalu menjadi tujuan wisatawan lokal. Pilihan jatuh pada Siak Sri Indrapura, Ibu Kota Kabupaten Siak, lebih kurang 200 KM arah timur Kota Dumai. Dengan jarak tempuh 4 jam.


Memasuki Siak Sri Indrapura kita langsung di sambut dengan jalanan yang sepi dan mulus, betul - betul membuat nyaman pengendara.
Sebagai daerah yang baru di mekarkan,  kabupaten Siak seolah berpacu dengan waktu untuk mengejar ketinggalan dari saudara tuanya. Dan hasilnya bisa dilihat, saat ini  Kabupaten siak, terutama Siak Sri Indrapura sebagai Ibukota kabupaten telah berhasil mengejar ketertinggalannya dengan kabupaten lainnya di Riau bahkan lebih unggul khususnya bidang infra struktur.




Kabupaten Siak memiliki beberapa bangunan bersejarah yang cukup megah, salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura yang merupakan peninggalan kerajaan Siak yang dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil, pada tahun 1889. Istana ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan.




Disamping Istana tersebut, komplek Makam Sultan Syarif Kasim II dan keluarganya juga menjadi tempat kunjungan Favorit. Sultan Syarif Kasim II adalah Raja Siak yang menyatakan bahwa Kerajaan Siak bergabung dengan Republik Indonesia. Peristiwa itu terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.



Berikutnya adalah Masjid Raya Sahabuddin, yang dibangun pada tahun 1926 



Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah, merupakan bangunan baru yang manjadi kebanggaan masayarakat Siak, jembatan ini juga tidak luput dari target kunjungan para wisatawan lokal. Gambar ini saya ambil dari Masjid raya Sultan Syarif Hasyim yang juga merupakan bangunan baru setelah Siak menjadi Kabupaten.




Setelah puas berkeliling kota Siak sri Indrapura, biasanya tempat yang menjadi tujuan untuk beristirahat sambil menyantap makanann adalah Pinggir Sungai Siak. 


Inilah sedikit hal yang dapat saya bagi buat sahabat semua.



14 komentar:

  1. kemegahan masjid raya sultan syarif hasyim, melihat kubahnya mengingatkan saya akan masjid AL Karomah di martapura kalimantan selatan, ;)

    BalasHapus
  2. Subhanallah indahnya masjid2nya..
    kapan aku bisa kesana.. :)

    mohon maaf lahir bathin juga yah pak...

    salam sejahtera dari bandung..^_^

    BalasHapus
  3. Kotanya kelihatan indah dan bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul sekali. Hanya saja sebagai daerah tujuan wisata masih banyak fasilitas yg harus disiapkan, seperti hotel yang refsentatif.

      Hapus
  4. Masya Allah, keren sekali!
    sugoi desu ne ^^

    BalasHapus
  5. selamat Hari Idul Fitri juga. makasih kunjungannya ya. btw Kota Siak kayaknya damai dan asri ya.. :)

    BalasHapus
  6. bangunnnya megah banget.... jadi pengen kesana.... soalnya di tempat ane kagak ada :(

    BalasHapus
  7. wah pengen kesana tp binggung gga punya saudara di sana , bangunannya indah "
    tantangan kreatif blogger Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Mantap gan articel ini.. updates terus gan..

    titip shared ya gan :
    silakan berwisata kesini WISATA GOA PINDUL GUNUNGKIDUL,YOGYA
    apabila berminat hubungi kami 08783 9944477 kami siap mengantarkan anda sampai tempat wisata tsb (goa pindul)GRATIS.
    tidak hanya itu wisatanya,gunungkidul juga memiliki tempat wisata lain seperti wisata pantai yang banyak diminati,karena gunungkidul ini punya banyak pantai yang tidak kalah keindahannya.
    silakan.. terima kasih.ditunggu wisatanya ya.

    BalasHapus